Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah Dengan Bahan Aktif Alami
Kecantikan

9 Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah Dengan Bahan Aktif Alami

Bintik hitam atau hiperpigmentasi adalah masalah kecantikan yang cukup umum, yang tidak terbatas pada kulit orang dewasa. Untuk itu kita harus mengetahui tips cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami.

Dalam artikel ini akan membahas semua tentang bintik hitam, Melasma, lentigo dan juga bekas luka pasca inflamasi. Bagaimana mencegah munculnya, dan bagaimana menguranginya dengan perawatan  alami yang aman untuk kulit.

Bintik hitam terjadi ketika pigmentasi kulit tidak merata. Bintik-bintik gelap ini disebabkan oleh produksi melanin yang berlebih yang dibawa oleh sel-sel yang disebut melanosit.

Faktanya, bintik hitam tidak secara langsung terkait dengan usia melainkan dengan paparan sinar matahari, dikombinasikan dengan faktor-faktor tertentu.

Penyebab bintik hitam pada kulit

Berikut adalah beberapa penyebab bintik hitam pada wajah dan permukaan kulit lainnya :

  • Paparan sinar matahari.
  • Penuaan kulit: seiring bertambahnya usia kemampuan kulit untuk beregenerasi menurun, membuatnya lebih rentan terhadap bintik-bintik
  • Peningkatan hormonal (terutama kehamilan, atau pil kontrasepsi)
  • Faktor genetik
  • Penggunaan fotosensitizer (kosmetik atau obat-obatan tertentu)
  • Radikal bebas (polusi, tembakau atau yang sering kali berkaitan dengan corak kulit yang tidak teratur)

4 Jenis bintik hitam di wajah

Sebelum kita bahas bagaimana cara menghilangkan bintik hitam di wajah, kita perlu tahu dulu berbagai jenis bintik hitam. Karna setiap jenis bintik di wajah akan berbeda cara penanganannya.

Melasma atau masker kehamilan

Jika terjadi gangguan hormonal seperti saat hamil, area hiperpigmentasi dapat muncul di wajah, seperti di bibir atas atau di dahi.  Demikian pula halnya dengan meminum pil tertentu ..

Hiperpigmentasi pasca inflamasi

Ini terutama bekas jerawat yang menghasilkan bintik hitam yang mengendap setelah penyembuhan jerawat yang buruk atau trauma kulit lainnya (cedera, gigitan, dll.)

Penuaan Kulit

Flek hitam merupakan bagian dari tanda penuaan kulit, yang umumnya muncul sekitar 40 tahun di area yang paling sering terpapar sinar matahari (wajah, tangan dan décolleté).

Bintik matahari

Anda pasti sudah memperhatikan bintik-bintik coklat yang muncul setelah kembali dari liburan atau setelah paparan sinar matahari yang berkepanjangan. Ini seperti photoaging pada kulit.

Perhatian jika bercak coklat umumnya jinak dan tidak berbahaya bagi kesehatan, Anda tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis jika terjadi perkembangan yang mencurigakan (perubahan warna, ukuran, penampilan, bentuk, dll).

Cara Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami dengan bahan yang aman untuk Kamu.

Bahan aktif alami yang harus dapat digunakan untuk memudarkan bintik-bintik hitam. Bahan aktif eksfoliasi untuk mengurangi flek hitam dan meratakan warna kulit, antioksidan untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar UV, dan meregenerasi bahan aktif yang mendorong pembaharuan sel seperti berikut.

9 Cara menghilangkan bintik hitam di wajah
9 Cara menghilangkan bintik hitam di wajah

AHA

Juga disebut asam buah, AHA menawarkan efek pengelupasan yang nyata.  AHA menyatukan kulit dengan menghilangkan bintik-bintik dan ketidaksempurnaan, menghaluskan kerutan dan garis-garis halus, melembutkan dan menampakkan kilau kulit.

Retinol & Alternatifnya

Bahan aktif anti noda, retinol atau vitamin A yang menjadi patokan merangsang pembaharuan sel, memperbaiki tekstur kulit dan memperbaiki kulit yang rusak atau matang. Ini adalah anti-penuaan aktif yang sangat baik, yang mempromosikan pembaruan sel-sel kulit yang sehat.

Bagi mereka yang tidak bisa mentolerir retinol, pilih bakuchiol yang menawarkan manfaat yang sama tanpa risiko iritasi.

Dari tanaman babchi Ayurveda, bahan ini meningkatkan produksi kolagen dan regenerasi kulit, untuk efektivitas yang luar biasa melawan noda dan bekas jerawat. Ini merupakan salah satu tips cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami.

Vitamin C

Antioksidan yang kuat, vitamin C memiliki kemampuan untuk mengatur produksi melanin dan merangsang sintesis kolagen. Ini menetralkan radikal bebas dan melindungi dari agresi eksternal yang menyebabkan photoaging, menjadikannya sekutu pilihan melawan bintik dan bekas pigmentasi. 

Vitamin C memperbaiki tekstur kulit dan membangunkan kulit kusam, dan juga dikenal sebagai bahan aktif anti penuaan.

Niacinamide

Juga disebut vitamin B3, niacinamide merangsang produksi kolagen dan meredakan banyak kondisi kulit. Anti-inflamasi dan anti-penuaan, secara nyata mengurangi bintik-bintik pigmentasi dan bekas luka.

Minyak mawar liar

Kaya vitamin A alami, ini adalah minyak nabati yang meregenerasi sel kulit, ideal untuk memerangi flek, bekas luka atau stretch mark. Juga disebut minyak rosehip, ini adalah minyak anti penuaan untuk kulit dewasa.

Perlindungan matahari

Ini adalah langkah terpenting untuk melawan bintik hitam. Gunakan perlindungan matahari setiap hari di musim apa pun. Anda dapat memilih krim atau alas bedak dengan SPF terintegrasi, bisa juga menggunakan tabir surya SPF 50 organik.

Eksfoliasi atau pengelupasan

Pengelupasan membantu meningkatkan pembaruan kulit tetapi juga mendorong penetrasi dan efektivitas perawatan yang diterapkan setelahnya.

Sekali atau dua kali seminggu eksfoliasi kulit Anda dengan scrub enzimatik atau mekanis, atau masker efek pengelupasan dengan AHA, asam salisilat atau enzim.  buah-buahan.

Dan Anda bisa menggunakan lotion pengelupas untuk dioleskan setiap hari, atau pembersih pengelupas.

Harap dicatat bahwa jenis perawatan pengelupasan ini sebaiknya dilakukan pada malam hari, dan memperkuat kebutuhan untuk memakai pelindung matahari.

Serum Anti noda hitam

Terkonsentrasi pada bahan aktif, serum adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah kulit dengan tepat dan efektif.

Untuk mencegah dan mengobati bintik-bintik penuaan tanpa mengubah seluruh rutinitas Anda, cara termudah adalah dengan menyertakan serum anti noda, untuk dioleskan sebelum krim atau minyak kecantikan Anda.

Gunakan Serum dengan vitamin C, retinol, dengan niacinamide, dengan enzim dan asam buah yamg bisa dijadikan pilihan.

Pilih serum Anda sesuai dengan jenis kulit Anda dan masalah Anda yang lain: kulit sensitif, dewasa, berjerawat, setiap kulit memiliki kebutuhannya sendiri.

Untuk kulit sensitif bisa menggunakan serum dengan niacinamide yang juga membantu mengatasi kemerahan.

Untuk kulit kusam atau untuk melawan tanda-tanda awal penuaan, pilih serum antioksidan vitamin C.  Untuk kulit dewasa atau rawan jerawat (tidak sensitif) pilihlah perawatan regenerasi yang intens seperti serum retinol yang akan dioleskan di malam hari.

Minyak regenerasi

Minyak wajah organik sangat membantu melawan noda, untuk diaplikasikan di malam hari sebaiknya untuk meningkatkan regenerasi kulit pada malam hari. Beberapa tetes cukup untuk memijat pada kulit basah.

Kosmetik tidak selalu menghilangkan noda (terutama noda yang lebih tua) tetapi setidaknya akan membantu menguranginya.

Pencegahan adalah kuncinya dengan perlindungan matahari harian wajib. Batasi paparan sinar matahari dan obati bintik-bintik segera setelah muncul, semakin lama Anda menunggu, semakin sulit menghilangkannya.

Untuk masalah seperti bintik pigmentasi Anda harus menunggu beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk melihat hasil perawatan Anda. Jika perawatan dengan kosmetik tidak mencukupi, mungkin perlu menggunakan laser atau perawatan LED.

Related posts

9 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami Permanen

admin

Leave a Comment